Jumat, 29 Juli 2011

SAMBUT RAMADHAN, LOMBA FUTSAL KENAKAN SARUNG DAN KOPYAH

Beragam cara dilakukan untuk  menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Di lamongan, sekelompok bapak-bapak mengelar lomba futsal unik. Seluruh pemain menggunakan sarung dan kopya. Ulah bapak-bapak ini menggundang gelak tawa penonton. Uniknya lagi,  perwakilan tim pemenang futsal ini diharuskan menaiki kambing dan berputar-putar di lapangan.

Futsal lazimnya dilakukan dengan kostum olah raga. Namun lomba futsal yang digelar bapak-bapak warga perumahan kusuma bangsa kota lamongan ini, mengharuskan  seluruh pemain mengenakan sarung serta kopya. Sementara para anak serta istri pemain menjadi penonton di pinggir lapangan. Mereka harus memberi semangat agar pemain tidak loyo.

Saat di lapangan, meski berbusana layaknya orang hendak sholat. Namun  peserta lomba futsal menyambut datangnya bulan suci ramadhan ini, tetap linca  menggiring bola. Uniknya, setiap berhasil memasukan bola ke gawang lawan, mereka langsung melakukan  sujud di tengah lapangan.

Fatkur, salah satu anak –anak, mengakui jika lomba futsal memakai sarung ini, selain unik, juga memberi semangat pada kalangan anak-anak agar meniru para orang tua untuk melakukan olah raga sehingga kondisi tubuh  selalu sehat.
               
Sementara zaini febri arianto, ketua panitia menegaskan jika lomba futsal ini segaja digelar untuk mengingatkan pada warga bahwa sebentar lagi akan menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Tradisi unik ini, rencananya akan digelar satu tahun sekali. Selain untuk menjaga kesehatan juga  sebagai ajang silaturahmi antar warga.

Uniknya lagi,  perwakilan dari tim pemenang lomba futsal ini harus menaiki seekor kambing yang merupakan hadiahnya. Ia harus berputar-putar lapangan sebagai tanda kemenangan. Pertandingan futsal kali ini,   tim dari tahap dua warga perumahan kusuma bangsa keluar sebagai pemenang setelah menundukan tim tahap satu perumahan kusuma bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar