Senin, 01 Agustus 2011

WARGA GUNAKAN AIR LIMBA UNTUK MINUM DAN MANDI

Kekeringan mulai melanda sejumlah tempat di lamongan. Bahkan di desa Topeng kecamatan Sarirejo, lantaran tidak ada  air bersih, warga terpaksa mandi dan cuci pakain dengan air kotor , sedangkan untuk air minum,  warga harus mengambil air telaga yang berada di luar desa 

Warga desa Topeng kecamatan Sarirejo kabupaten Lamongan, terpaksa harus mengantre di telaga desa untuk mandi dan mencuci pakaian , meski  air di telaga ini  kotor dan penuh sampah dedaunan.
Kondisi ini dilakukan warga topeng semenjak tiga minggu lalu, sejak  musim kemarau  melanda, karena sumur di rumah-rumah warga airnya sudah mengering.

Menurut sejumlah warga, sebenarnya mereka  khawatir  terserang gatal-gatal akibat mandi dan cuci pakian di telaga ini, mengingat air telaga semakin hari semakin keruh akibat busa sabun mandi dan sabun cuci. Namun warga tidak punya pilihan, mereka terpaksa menggunakan air yang tak layak  pakai  ini.

Sedangkan  untuk air minum serta untuk memasak , warga juga harus mengambil air di telaga yang jaraknya sekitar satu kilometer dari perumahan .

Kamit, salah seorang warga mengaku, sejak tiga minggu lalu seluruh warga miskin desa topeng mengambil air di telaga ini .  Namun bagi warga yang mampu, mereka membeli air tangki dari p-d-am.

Sebenarnya krisis  air bersih di musim kemarau di desa topeng dan sekitarnya  sudah menjadi langganan tiap tahun  karena kawasan ini merupakan sawah tadah hujan.  Ironisnya pemerintah daerah hingga saat ini belum memberi solusi agar kondisi ini tidak terulang kembali.

0 komentar:

Posting Komentar